Jangan Buru Pake Cotton Bud Loh...

Memiliki kotoran telinga bisa menjadi hal yang sangat menjijikan bagi sebagian orang. Belum lagi, kebanyakan orang belum yang kita tahu cara membersihkannya hanya dengan cotton bud atau alat pengorek telinga.

Menurut Dr. Leon Chen, MD yang merupakan Pakar THT di Manhattan's ENT dan Alergi, membersihkan telinga menggunakan cotton bud adalah cara yang membahayakan. Belum lagi, membersihkan telinga secara berlebihan akan mengakibatkan gangguan telinga.

Jika hal itu terjadi, tak ada cara lain untuk mengatasinya sehingga Anda harus pergi ke dokter THT. Menurut Dale Tylor, MD, Ahli THT umum dan anak dari Washington Medical Foundation di Fremont, California, sejatinya, kotoran telinga mengandung antibiotik dan antijamur.

"Jika kita terlalu sering membersihkannya maka akan menyebabkan komplikasi di kulit area telinga seperti infeksi telinga hingga eksim di area luar telinga," kata Tylor seperti dikutip dari Huffington Post pada Selasa (1/9/2015).

Untuk menghilangkan kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud, pertama-tama bisa dengan membatasi pembersihan telinga maksimal tiga kali dalam sebulan, demikian diungkapkan Tylor. Ia juha menyarankan baiknya bersihkan telinga hanya pada saat setelah mandi.

Hal ini disebabkan kondisi daerah telinga yang hangat setelah mandi bisa membuat kotoran telinga keluar dengan sendirinya.


Saat menggunakan cotton bud pun, sejajarkan ujung kuku pada ujung cotton bud. Dengan cara ini, Anda dapat melindungi telinga tanpa melakukan korekan cotton bud terlalu dalam dan berlebihan.

0 Response to "Jangan Buru Pake Cotton Bud Loh..."

Post a Comment